Jumat, 23 November 2012

Menggunakan iPad Sebagai Media Presentasi

iPad dengan layarnya yang luar biasa tajam (iPad 3) dan juga sangat portable mungkin menjadikan gadget ini sebagai kandidat utama bagi anda dalam memilih media presentasi. Tapi apakah iPad bisa kita gunakan dalam segala kondisi? Mengingat iPad juga mempunyai keterbatasan dibandingkan dengan laptop. Saya akan mencoba menjawab pertanyaan itu berdasarkan pengalaman pribadi saya. Jika ada yang mau membagi pengalamannya juga silahkan :)

Dalam cakupan luas, kondisi presentasi bisa dibagi menjadi 3 macam :
  • Presentasi 1-on-1
  • Presentasi 1-to-many
  • Presentasi jarak jauh (remote)
Pada kesempatan kali ini, saya hanya akan bahas pada dua macam kondisi presentasi : 1-on-1 dan 1-to-many. Saya juga akan memberikan tips dan juga evaluasi dalam menggunakan iPad untuk media presentasi untuk setiap kondisi.

Presentasi 1-on-1

Media Presentasi iPad
Presentasi 1-on-1 menggunakan iPad

iPad mungkin adalah pilihan terbaik untuk kondisi ini, jauh lebih baik ketimbang laptop karena halangan untuk melihat layar bisa diminimalisir. Saya mengasumsikan kalau kondisinya adalah anda melakukan presentasi dan bisa duduk dekat dengan lawan bicara anda. Layar iPad sudah sangat jelas dalam menyajikan presentasi anda, tidak diperlukan proyektor sekalipun. Tidak ada halangan yang menganggu antara anda dengan lawan bicara karena iPad membuat presentasi anda menjadi lebih sederhana dan personal. Akan tetapi anda harus bisa memastikan kalau presentasi anda bisa diakses baik secara online ataupun offline.

Meski ada banyak aplikasi membuat presentasi di iPad, saya tetap menyarankan untuk tetap membuatnya di komputer pribadi anda barulah kemudian dipindahkan ke dalam iPad anda. Dengan demikian anda bisa menghemat waktu dalam menyiapkan presentasi terutama dalam menyisipkan gambar pada presentasi anda. Jangan terlalu banyak menggunakan animasi dalam presentasi, karena tidak akan terbaca dengan baik di iPad. Semakin sederhana, semakin baik.

Untuk memindahkan presentasi, anda bisa melakukan dengan beberapa metode :
  • Kirim email ke diri anda sendiri, unduh attachment dan buka pada aplikasi yang mendukung 
  • Taruh pada cloud service seperti Dropbox atau Google Drive dan kemudian simpan ke dalam iPad anda dan buka dengan aplikasi yang mendukung.
  • Jika anda mempunyai aplikasi Keynote pada Mac dan iPad anda, maka semuanya akan lebih mudah dengan adanya fitur dari iCloud. Ketika sudah membuat presentasi, anda tidak perlu memindahkan manual karena sudah tersimpan di dalam iCloud dan siap diunduh dimanapun (lihat gambar di bawah).
Aplikasi Presentasi Apple Keynote dengan fitur iCloud
Aplikasi Keynote pada Mac dan iOS dengan fitur iCloud

Presentasi 1-to-many

Laptop anda mungkin lebih cocok untuk kondisi presentasi seperti ini. Kondisi ini biasanya anda presentasi di depan banyak orang yang duduk mendengarkan anda. Jadi anda harus menggunakan proyektor agar semua bisa melihat dengan jelas dan masih bisa memperhatikan anda sebagai sumber perhatian pada saat presentasi. iPad memang bisa disambungkan ke proyektor menggunakan kabel khusus VGA atau HDMI Connector yang dibuat khusus oleh Apple. Tidak seperti laptop yang bisa menggunakan remote presentasi, menggunakan iPad untuk presentasi menggunakan proyektor atau layar sepertinya harus memaksa anda untuk tidak bisa jauh-jauh dari iPad. Karena dalam mengoperasikan presentasi ini, anda harus menyentuh layar iPad. Dan inilah yang menjadikan alat ini pilihan kedua bagi saya. Jika ini tidak menjadi masalah bagi anda dan kondisi presentasi , maka gunakanlah iPad sebagai media presentasi. 

Namun anda perlu memperhatikan versi iPad anda. Saya menemukan masalah menghubungkan kabel VGA pada iPad 1 karena keterbatasan perangkat berat ini. iPad 2 sudah stabil menggunakan kabel VGA, tapi tidak terlalu stabil pada kabel HDMI. Akan tetapi jika anda memakai iPad 3 (The New iPad), kedua kabel tersebut tidak ada masalah sama sekali.

Kesimpulan

iPad adalah media presentasi yang luar biasa jika anda menggunakannya pada kondisi 1-on-1. Presentasi anda bisa lebih interaktif dan personal. Anda hanya harus memastikan kalau presentasi anda bisa diakses secara online ataupun offline. Manfaatkan layanan seperti Dropbox, Google Drive atau iCloud. Pada kondisi 1-to-many, laptop anda masih menjadi media presentasi yang paling baik. Namun jika anda tetap ingin menggunakan iPad, perhatikan versi iPad anda. iPad 3 bisa menjadi senjata andalan anda untuk presentasi dengan proyektor atau layar HDMI. 


2 komentar:

  1. Kalau presentasi jarak jauh gimana? Kok steve jobs bisa presentasi jarak jauh??.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Untuk presentasi jarak jauh, saya merekomendasikan menggunakan laptop atau PC dan aksesoris pengontrol jarak jauh atau remote tanpa kabal. Steve Jobs jika anda perhatikan di tangannya juga memegang remote yang sudah terhubung dengan komputer. Jika menggunakan metode ini, biasanya kita bisa lebih santai dan dekat dengan pendengar karena kita bisa bergerak mendekati pendengar kita...

      Hapus