Senin, 19 November 2012

5 Cara Membuat Slide Media Presentasi Lebih Baik


Slide Media Presentasi Yang Baik
Steve Jobs Piawai Dalam Membuat Media Presentasi
Membuat media presentasi dengan jumlah slide yang banyak belum tentu bisa menimbulkan kesan bahwa anda adalah presenter yang profesional dan pintar. Justru mungkin dengan slide yang sedikit, lawan bicara anda sudah bisa melihat seberapa dalam anda mengerti akan apa yang anda sampaikan. Kunci di dalam kesuksesan membuat sebuah slide media presentasi adalah mengerti dasar dari media presentasi yang baik.

Berikut ada 5 hal yang perlu anda perhatikan dalam membuat media presentasi yang baik :

1. Pilah slide anda dengan benar

Untuk membuat animo yang baik, saya menyarankan agar anda membuat 3 bagian dari presentasi anda:
  • Bagian pembuka untuk menarik perhatian dan mengemukakan permasalahan
  • Bagian penjabaran yang berisikan gagasan atau ide anda
  • Bagian penutup untuk memberikan solusi atau konklusi
Biasanya dari masing-masing bagian terdiri dari 3-5 slide, usahakan jangan lebih dari jumlah ini karena nanti akan membuat pendengar anda cepat bosan. 

2. Atur waktu presentasi anda

Jika anda diberi waktu presentasi 30 menit, bukan berarti anda harus terus berbicara selama 30 menit. Anda bisa melakukan presentasi selama 15-20 menit dan usahakan tidak lebih dari waktu ini. Presentasi yang lama dan panjang justru bisa membuat orang tidak mengerti apa pesan anda dan mungkin tertirdur selama anda presentasi. Perhatikan durasi presentasi anda. Selalu sisakan waktu untuk berinteraksi dengan pendengar anda.

3. Gunakan Gambar atau ilustrasi

Usahakan selalu menggunakan gambar, foto ataupun ilustrasi yang mendukung slide anda. Dengan menggunakan media visual ini pendengar anda akan lebih mengerti maksud anda dan tidak bosan selama anda presentasi. Pilihlah gambar yang berpotensi menimbulkan rangsangan yang ingin anda ciptakan. Media visual bisa membantu anda dalam menciptakan suasanya yang ingin anda buat selama presentasi.

4. Pemilihan kata-kata yang tepat

Pemilihan kata menjadi salah satu faktor penting dalam kesuksesan presentasi anda. Hindari juga kata-kata yang tidak umum (Jargon). Usahakan dalam 1 slide anda tidak menggunakan lebih dari 35 kata untuk anda presentasikan (kecuali anda mengutip sesuatu). Semakin sedikit semakin baik.

Ingat anda adalah bagian utama dalam media presentasi, bukan slide anda. Jadi pilihlah kata yang singkat, pada, dan jelas. Dengan menggunakan kata yang singkat, anda bisa berkesempatan menjelaskan kepada pendengar anda dan merebut perhatian kembali kepada anda.

5. Buat slide anda sesederhana mungkin

Kunci media presentasi yang baik adalah sederhana dan jelas. Jangan menggunakan terlalu banyak dekorasi gambar dan efek yang tidak perlu. Slide yang simple dan jelas tentu akan membuat anda lebih bersinar ketika presentasi. Selalu atur peletakan gambar dan penjelasan dengan baik. Anda bisa menggunakan trik dengan membedakan ukuran tulisan pada slide anda untuk menekankan kepentingan anda. Gunakan point dalam menjelaskan slide agar lebih terstruktur dan tampilkan satu per satu jika dimungkinkan.

Membuat presentasi yang baik diperlukan latihan dan sedikit eskperimen dari anda sendiri. Dengan semakin sering anda presentasi, anda akan menemukan gaya presentasi anda sendiri dalam menggunakan gambar dan juga pemilihan kata-kata.

Jika anda punya gagasan yang berbeda ataupun pengalaman unik dalam membuat media presentasi yang baik, silahkan komentar di blog ini. Saya akan dengan senang hati berdiskusi dengan anda :)




Tidak ada komentar:

Posting Komentar